Macam Macam Sistem Akuntansi yang Perlu Kamu Ketahui

Sistem informasi akuntansi ialah sistem yang mengumpulkan dan memproses data transaksi dan mengkomunikasikan informasi keuangan kepada pihak yang berkepentingan.

Ada banyak jenis sistem informasi akuntansi sehingga pilihannya sangat beragam. Sejumlah faktor mempengaruhi perbedaan dari macam-macam sistem ini seperti jenis usaha, ukuran bisnis, volume data, jenis kebutuhan pengelolaan data, dan faktor lainnya.

Berbagai sistem akuntansi tersedia telah untuk perusahaan dan individu. Ketika memilih sistem akuntansi, keputusan tersebut harus memperhitungkan harga sistem akuntansi, sejauh mana sistem akan digunakan, dan kemampuan pengguna untuk belajar mengoperasikan sistem. Belajar tentang berbagai jenis sistem akuntansi dapat membantu Anda dalam pengambilan keputusan.

Ada beberapa jenis atau kategori sistem informasi akuntansi. Apa yang perusahaan bisnis gunakan bergantung pada jenis bisnis, ukuran bisnis, kebutuhan bisnis, dan kecanggihan bisnis:

Sistem Entri Tunggal

macam - macam sistem informasi akuntansi

macam – macam sistem informasi akuntansi

Sistem akuntansi jenis inilah yang paling basic alias dasar. Sistem  Ini sangat ideal untuk organisasi kecil yang memiliki sedikit kebutuhan operasional sederhana. Namun, dalam sistem ini tidak ada entri jurnal yang dibuat untuk menyeimbangkan akun. Oleh karena itu, kesalahan bisa sering terjadi dan tidak terdeteksi.

Sistem Masuk Ganda (Double Entry System)

Sistem double entry lebih rumit tapi lebih akurat. Dalam sistem ini, setiap kredit harus memiliki debit yang sama, dan sebaliknya. Dengan cara ini, kesalahan lebih terlihat dan akunting lebih akurat.

 Sistem Manual

Sistem akuntansi manual menyiratkan bahwa tidak ada teknologi komputer yang terlibat dalam proses akuntansi. Akuntan bertanggung jawab untuk mencatat semua entri jurnal di semua jurnal, serta entri dan penyesuaian yang sesuai. Akuntan harus membuat semua perhitungan, menyiapkan laporan keuangan, formulir pajak file, dll. Dengan demikian, sistem akuntansi ini biasanya membutuhkan lebih banyak waktu dan memungkinkan ruang untuk kesalahan manusia. Namun, bisa menghemat biaya dengan menghilangkan kebutuhan akan program komputer dan akunting.

Sistem informasi akuntansi manual sebagian besar digunakan oleh bisnis yang sangat kecil dan bisnis rumahan. Jika sebuah sistem sepenuhnya manual, diperlukan beberapa hal berikut: dokumen sumber , buku besar, jurnal umum , dan jurnal khusus atau jurnal anak perusahaan yang mungkin Anda butuhkan.

Sistem Komputerisasi

Sistem akuntansi terkomputerisasi adalah penggunaan program komputer untuk menyelesaikan fungsi akuntansi. Sistem akuntansi jenis ini membutuhkan lebih sedikit pekerjaan dari akuntan, namun membutuhkan akuntan dengan spesialisasi dalam perangkat lunak akuntansi tertentu.

Seperti yang kita tahu saat ini, sistem yang paling banyak digunakan adalah sistem komputerisasi dengan double-entry. Ini karena telah banyak perangkat lunak yang memudahkan kita untuk menggunakan sistem informasi akuntasi tersebut. Untuk melihat artikel-artikel akuntansi lainnya, Anda bisa mengunjungi Zams.Web.Id . Di situ juga ada pembahasan sistem informasi akuntasi lainnya.