Macam Macam Sistem Pereokonomian di Dunia (dan contohnya)

Ada empat tipe utama sistem ekonomi di dunia yaitu tradisional, komando, pasar dan campuran. Setiap ekonomi memiliki kekuatan dan kelemahan, sub-ekonomi dan tendensi, dan, tentu saja, sejarah yang bermasalah.

1. Sistem Ekonomi Tradisional

Sistem ekonomi tradisional berfokus pada barang dan jasa yang terkait langsung dengan kepercayaan, kebiasaan, dan tradisinya. Sistem ini  biasanya tidak menunjukkan tingkat spesialisasi dan pembagian kerja yang signifikan. Dengan kata lain, sistem ekonomi tradisional adalah tipe ekonomi paling dasar dan kuno.

Keuntungan dan Kerugian: Tentu salah satu keuntungan yang paling jelas adalah tradisi dan adat istiadat dipertahankan sementara ia hampir tidak ada di pasar / campuran ekonomi. Kerugian utama adalah bahwa ekonomi tradisional tidak menikmati hal-hal yang ekonomi lain anggap remeh: obat-obatan, pelayanan terpusat, teknologi, dan lain-lain. Tetapi sebagaimana contohnya di Amerika, hal-hal ini tidak menjamin kebahagiaan, kedamaian, sosial atau yang sebagainya.

2. Sistem Ekonomi Komando

macam - macam sistem ekonomi

macam – macam sistem ekonomi

Sistem komando ekonomi ditandai oleh kekuatan terpusat yang dominan (biasanya pemerintah) yang mengendalikan sebagian besar kegiatan ekonomi. Jenis ekonomi ini paling banyak ditemukan di negara komunis. Terkadang juga disebut sebagai sistem ekonomi terencana, karena kebanyakan keputusan produksi dibuat oleh pemerintah (yaitu direncanakan) dan tidak ada pasar bebas yang dimainkan.

Keuntungan yang Diinginkan: Anda dapat melihat bagaimana ekonomi semacam ini dari waktu ke waktu dapat menciptakan kerusuhan. Tapi sebenarnya ada beberapa kelebihan potensial, asalkan pemerintah menggunakan peraturan yang cerdas. Pertama, ekonomi komando mampu menciptakan persediaan sumber daya sendiri yang sehat dan sering memberi kepada rakyatnya sendiri dengan harga terjangkau. Namun, seringkali tidak ada kekurangan pekerjaan karena pemerintah berfungsi sama dengan ekonomi pasar karena ia ingin tumbuh dan tumbuh sesuai dengan jumlah rakyatnya.

3. Sistem Ekonomi Pasar

Sistem ekonomi pasar bergantung pada pasar bebas dan tidak mengizinkan intervensi pemerintah dalam ekonomi. Dalam sistem ini, pemerintah tidak mengendalikan sumber daya atau segmen ekonomi lain yang relevan. Sebagai gantinya, keseluruhan sistem diatur oleh masyarakat dan hukum penawaran dan permintaan.

Kapitalisme Dan Sosialisme: Tidak ada ekonomi pasar bebas yang benar-benar ada di dunia ini. Misalnya, sementara Amerika adalah negara kapitalis, pemerintah kita masih mengatur (atau mencoba mengatur) perdagangan yang adil, program pemerintah, bisnis moral, monopoli, dll. Keuntungan kapitalisme adalah Anda dapat memiliki ekonomi eksplosif yang sangat baik. dikendalikan dan relatif aman. Ini akan sangat berbeda dengan sosialisme, di mana pemerintah (seperti ekonomi komando) mengendalikan dan memiliki industri yang paling menguntungkan dan vital namun memungkinkan seluruh pasar beroperasi dengan bebas; Artinya, harga diijinkan berfluktuasi secara bebas berdasarkan penawaran dan permintaan.

4. Sistem Ekonomi Campuran

Sistem ekonomi campuran mengacu pada jenis campuran pasar dan sistem ekonomi perintah. Terkadang juga disebut sebagai dual economy. Meskipun tidak ada definisi sistem ekonomi campuran yang jelas, dalam kebanyakan kasus istilah ini digunakan untuk menggambarkan ekonomi pasar dengan pengawasan peraturan yang kuat dan kontrol pemerintah di area tertentu (misalnya barang dan layanan publik).

Manfaat Ekonomi Campuran: Pada jenis ekonomi campuran yang paling umum, pasar kurang bebas dari kekusasaan pemerintah kecuali di beberapa bidang penting. Bidang ini biasanya bukan sumber daya yang dikendalikan oleh pemerintah pada sistem ekonomi komando. Sebaliknya, seperti di Amerika, bidang tersebut adalah program pemerintah seperti pendidikan, transportasi, USPS, dan lain-lain. Sementara semua industri ini juga ada di sektor swasta di Amerika, hal ini tidak selalu terjadi pada ekonomi campuran.

Itulah sistem ekonomi yang ada di dunia. Jika Anda ingin membaca tentang sistem ekonomi syariah, bisa cek di blog ekonomi ini. Terima kasih.